Syaikh Qardhawi: Jika Mampu, Saya Pergi ke Aleppo Bertempur di Barisan Pejuang

Filed under: by: 3Mudilah

Foto: Syiakh Yusuf Al-Qardhawi
 
KIBLAT.NET, Istanbul – Persatuan Ulama Muslim Dunia (IUMS), Syaikh Yusuf Al-Qardawi, mengatakan jika seandainya mampu dia akan pergi bersama para pejuang untuk bertempur di barisan mujahidin di Aleppo, Suriah Utara.

Pernyataan itu ditegaskan di hari penutupan seminar berjudul “Yusuf Al-Qardhawi, Imam Moderat dan Pembaharu” pada Sabtu (10/12). Seminar ini digelar selama dua hari di Markas Pusat Penelitian dan Studi di kota Istanbul, Turki, untuk menandai 90 tahun usianya.

Berbicara mengomentari yang terjadi baru-baru ini di Suriah, ulama kelahiran Mesir ini menjelaskan bahwa kita harus memahami rakyat Suriah mengawali revolusi tidak dengan batu atau pisau. Mereka turun ke jelan ingin hidup, merdeka dan sejenisnya. Mereka tidak memiliki apapun untuk menghadapi rezim yang punya militer, polisi, senjata, birmil dan senjata kimia.

“Lihatkah Aleppo saat ini yang kita berharap mereka (para pejuang) menang. Rezim masih terus membunuhi penduduknya. Jika saya mampu, saya pergi bersama orang-orang dan bertempur bersama berjuang di sana, yang memerangi tiran sendirian,” tegasnya seperti dilansir Arabi21.com, Ahad (11/12).

Sejak 15 November lalu, pemukiman penduduk di Aleppo Timur yang dikontrol oposisi mengalami gempuran darat dan udara bertubi-tubi. Militer Suriah dan milisi-milisi Syiah menyerbu dari darat di bawah pengawasan jet tempur Rusia. Akibatnya, ratusan warga tewas dan ribuan luka-luka.
Syaikh Qardhawi melanjutkan, umat Islam di dunia saat ini diperkirakan berjumlah 700 ribu juta. Setiap hari terus bertambah.

Akan tetapi, jelasnya, pada dasarnya kualitas mereka tidak sebanyak itu.  Kualitas ini diukur dengan ibadah, beramal, ikhlas dan solidaritas. Ini yang harus dipahami umat dengan pemahaman menyeluruh.

Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari sejumlah lembaga Islam dan negara Arab serta Turki. Turut hadir juga, pembina gerakan Ikhwanul Muslimin Suria, Muhammad Walid.

Acara ini digelar bertujuan mengenalkan biografi Syaikh Yusuf Al-Qardhawi dan aktivitas dakwahnya serta pandangan politik dan ekonominya. Tidak penting juga, untuk mengenal pendapat-pendapatnya dalam fiqih kontemporer serta pendapatnya menyikapi ara spring.

Reporter: Sulhi El-izzi
Sumber: Arabi21.com

https://www.kiblat.net/2016/12/12/syaikh-qardhawi-jika-mampu-saya-pergi-ke-aleppo-bertempur-di-barisan-pejuang/

0 comments: