Sebuah mahakarya fenomenal Imam Ibnu Hajar Al-Atsqalani

Filed under: by: 3Mudilah


Sebuah mahakarya fenomenal Imam Ibnu Hajar Al-Atsqalani

Sebuah Karya Emas Dari Al Hafidz Ibnu Hajar Al-Asqalani -Rahimahullah- “Kitab Terjemah Bulughul Maram”. Sebuah kitab fenomenal yang selalu dikaji dan dibaca serta tidak henti “dilahap” lembar demi lembar oleh para penuntut ilmu syar’i berisi sekitar seribu lima ratus hadits yang tidak pernah lepas dari kehidupan kaum muslimin. Kitab yang senantiasa mendapat pujian dari ulama mahzhab lainnya merupakan sebuah kitab fenomenal yang menjadi rujukan bagi setiap muslim sepanjang masa. Baca lebih lanjut.

Siapa yang tidak mengenal Ibnu Hajar Al-Asqalani? Beliau adalah seorang ulama besar dari mahdzab Asy-Syafi’i yang lahir di Mesir pada tahun 773 H yang dikenal sangat produktif menulis kitab. Sepanjang hidupnya tidak kurang dari 150 kitab telah dihasilkannya. Salah satu mahakarya fenomenal yang dihasilkan oleh beliau adalah kitab “Bulughul Maram Min Jam’i Adillatil Ahkam” yang tidak tidak pernah berhenti “dilahap” lembar demi lembar oleh para penuntut ilmu hadits. Karya tulisnya dibaca, dikaji dan dipuji oleh para ulama mahdzab lainnya.

Di dalamnya memuat sekitar seribu lima ratus hadits tentang hukum-hukum yang tidak pernah lepas dari kehidupan kaum muslimin hingga hari kiamat kelak. Seluruh hadits yang terhimpun dalam kitab ini, semuanya mengalir keluar dari hafalan Imam Al-Hafizh Ibnu hajar Al-Asqalani tanpa harus membaca kitab aslinya, Subhanallah…

Kitab ini menjadi semakin berbobot dengan takhrij hadits oleh seorang maestro Al-Muhaddits Syaikh Muhammad Nashiruddin al-Albani. Beliau, sebagaimana juga Syaikh Ibnu Hajar Al-‘Asqolani medapat gelar al-Hafizh; suatu gelar prestigius yang hanya diberikan pada seseorang yang mampu menghafal sebanyak 100.000 hadits beserta sanad dan matannya…… Dan beliau, bersama Syaikh bin Baz, juga diyakini sebagai ulama mujaddid abad ini.

Walaupun ringkas dan hanya memuat pokok-pokok hadits hukum tetapi kitab ini telah menjadi salah satu rujukan terpenting di zaman ini. Para ulama memberikan perhatian khusus dalam men-syarah dan menguraikan hukum-hukum fiqh yang terkandung di dalamnya. (more…)

http://promo.at-tibyan.com/

0 comments: