Ketetapan Allah Tergantung Upaya

Filed under: by: 3Mudilah

Dalil Petunjuk

Firman Allah dalam al Quran surah Bani Isroil ayat 18 sampai dengan ayat 20, sebagai berikut :

“Barang siapa menginginkan yang dekat pasti Kami segerakan baginya dalam dunia ini menurut apa yang Kami Kehendaki bagi siapa yang Kami inginkan, kemudian Kami jadikan baginya jahanam yang dia akan memasukinya secara tercela dan terusir. Dan barang siapa menginginkan akherat dan berusaha baginya dengan usahanya itu dan dia itu mukmin, maka mereka itu adalah usaha mereka akan mendapatkan balasan baik. Maing-masing Kami berikan bantuan pada mereka yang ini dan mereka yang itu dari pemberian Robb kamu dan tiadalah pemberian Robb kamu itu dapat terhalang.”

Pembahasan

Bahwa sesungguhnya dalam kehidupan dunia yang sangat singkat tersebut, dengan keberadaan laki-laki dan perempuan masing-masing telah ditetapkan syar’inya, kemudian keberadaannya dengan upaya yang beraneka ragam, seperti diterangkan dalam al Quran surah al Lail ayat 3 dan ayat 4, yaitu :

”Dan apa yang Dia telah ciptakan laki-laki dan perempuan. Sesungguhnya usaha kamu berbeda-beda.”

Dalam ayat tersebut memberikan pengertian tentang ”maksud dan tujuan Allah menciptakan laki-laki dan perempuan” karena keberadaan masing-masing berbeda atas ketetapanNya sebagaimana Allah tetapkan dalam al Quran surah Ali Imron ayat 36. Maka yang menjadi ukuran dalam upayanya adalah ”faktor taqwa” sebagaimana Allah tetapkan dalam al Quran surah Ali Imron ayat 102.

Dengan demikian maka dalam menelusuri sikap seseorang dalam perjalanan hidupnya bila diukur dengan kaidah taqwa dan dilandasi oleh iman akan dapat difaham antara lain :

  1. Setiap individu akan menyadari terhadap petunjuk yang ditetapkan Allah atas RasulNya yaitu mencenderungkan diri kepada petunjuk yang dibawa Rasulullah saw sebagaimana Allah tetapkan dalam al Quran surah an Nur ayat 54.
  2. Setiap individu akan menyadari tentang betapa sulitnya membangun kehidupan yang Islami dengan mengabaikan keberadaan Rasul sebagai pemandu dan teladan sebagaimana Allah tetapkan dalam al Quran surah al Hujurot ayat 7.
  3. Setiap individu akan senantiasa melaksanakan amalan intiqod atau mawas diri sebagaimana Allah tetapkan dalam al Quran surah al Hasyr ayat 18 dan untuk selanjutnya akan beristiqomah dalam menepati SunnahNya sebagaimana Allah tetapkan dalam al Quran surah Fushilat ayat 30.
  4. Setiap individu laki-laki dan perempuan dalam membangun rumah tangga yang Islami adalah mampu memahami makna dari kalimat ”mawaddah warohmah”, dimana masing-masing mampu menyerahkan hak masing-masing menurut syar’i sebagaimana Allah tetapkan dalam al Quran surah ar Rum ayat 21.
Maka barang siapa yang tidak berupaya maka akan terjadi sebaliknya dikarenakan ”la-ta’mal abshoru wala-kin ta’mal qulu-bullati- fish shudur” sebagaimana Allah tetapkan dalam al Quran surah al Hajj ayat 46.

http://www.al-ulama.net/home-mainmenu-1/tafseer/436-ketetapan-allah-tergantung-upaya.html

0 comments: