SIFAT SEORANG MUSLIM

Filed under: by: 3Mudilah

Petunjuk Al Qur-an

Dengan dilandasi petunjuk dari Al Qur-an surah Al Hadid 22 - 23 sebagai berikut :

"Tiadalah terjadi suatu bencana dibumi dan  juga pada diri-diri kamu melainkan (sudah ditetapkan) di Lauhin Mahfudz dari sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang demikian itu bagi Allah adalah mudah; (Yang demikian itu ) agar supaya kamu jangan berputus asa terhadap apa yang terluput oleh kamu, dan jangan pula kamu bergembira dengan apa yang Dia berikan kepada kamu. Dan Allah itu tidak mencintai kepada tiap-tiap kesombongan dan kebanggaan".

Analisa

Ayat-ayat tersebut memberikan petunjuk muthlaq, bahwa dengan ketetapan keberadaan mushibah yang menimpa atau yang ditimpakan itu terjadi atas idzin Allah [At Taghobun 11], karena mengingat antara lain :

  1. Ketetapan Allah perihal "hidup dalam alam syahadah" ini, bahwa manusia lahir dibekali  dengan "as sam'a, wal abshor, wal af-idah" (pendengaran, pandangan dan kemampuan kerja otak yaitu fikiran). sehingga dengan itu manusia dapat mengenal alam sekitar, agar dapat menerima kenyataan dengan baik, yang dengan kelengkapan tersebut dapat  menyadari bahwa dirinya adalah bagian dari alam itu sendiri [An Nahl 78].
  2. Dalam perjalanan hidup selama di Alam syahadah, akan bertemu dengan Sunnatullah, yaitu ujian hidup dengan keaneka ragamannya [ Al Baqarah 155 - 156], yang dengan itu membangkitkan daya fikir yang tertinggi, yaitu perihal keberadaan Yang Pencipta, yang difirmankan Surah Ar Rum 7 -8 :
Mereka hanya mengetahui yang lahir (saja) dari kehidupan dunia; sedang mereka tentang (kehidupan) akhirat adalah lalai. Dan mengapa mereka tidak memikirkan tentang (kejadian) diri mereka?, Allah tidak menjadikan langit dan bumi dan apa yang ada di antara keduanya kebanyakan diantara manusia benar-benar ingkar akan pertemuan dengan Robb mereka.

Dengan yang tersebut maka Allah memperkenalkan diriNya agar menjadi satu peringatan atas 7 (tujuh) macam yang berada dalam diri manusia itu sendiri, agar faham tentang keberadaannya sebagai hamba yang menjadi gudang kesalahan dan dosa [Muhammad 19], yang dengan itu akan mau mentha'ati "kewajiban pengabdian" terhadap Asma ul Husna [Al Hijr 99 ]; Inilah makna perintah 'Transaksi kepada Allah" [Ash Shaff 10-12].

Pembahasan

Bahwa sesungguhnya dengan analisa sebagaimana tersebut, bermaksud agar hamba yang merasa menerima Nur Islam atas kefahamannya terhadap petunjuk ber-transaksi kepada Allah, maka faham pula terhadap hubungan dari ayat-ayat ke 10 dari surah ash shaf, ayat ke-28 dari surah Al Fath, dan ayat ke-33 dari surah At Taubah, bahwa:
  1. Membangun kepentingan Syi'ar Islam yang dilaksanakan berdasarkan infaq, dan zakat dan "bukan" dengan berbagai sarana langkah ekonomi untuk mengumpulkan kekayaan [At Taubah 105]
  2. Mengupayakan keberadaan Ulu Baqiyah dengan melalui proses tadabbur al Qur-an secara terus menerus [An Nisa 82].
  3. Menepati kaidah Syir'ah dan Minhajj yang telah ditetapkan oleh Allah dan RasulNya [Al Maidah 48].
  4. Mengupayakan rasa kebersamaan dalam tansiq [Al Hujurat 10] untuk perjalanan menjemput Janji Allah, melalui langkah berittifaq dalam Islam bagi para Al 'Arif [Al baqarah 208]
  5. Kelapangan dan kesempitan, kemudahan dan kesulitan, akan senantiasa menggumulnya, maka kondisi terebut wajib dihadapi dan mengutamakan sikap renah hati, itulah jalinan shabar, irbath, dan taqwa, bagi menjemput kemenangan [Ali Imron 200].
  6. Dituntut keyakinannya bahwa Hukum Allah diseluruh permukaan bumi pasti akan ditegakkan Allah dengan Kehendak dan KekuasaanNya, yang karena itu wajib dijemput dengan langkah yang benar sesuai dengan petunjuk [Al An'am 153], proses [Al Qoshosh 85] dan tahapannya [Al Insyiqoq 19], dengan memelihara hati dan kepribadian yang utuh sampai akhir perjalanan [Muhammad 31].
Dengan demikian maka segala bentuk  kemudahan dan kesulitan, bahkan sampai kepada tingkat musibah akan senantiasa diterima dengan ketabahan,kesabaran dan sikap istiqomah secara baik dan benar.

 http://www.al-ulama.net/home-mainmenu-1/tafseer/431-sifat-seorang-muslim.html

0 comments: