Terbaru! Daftar 40 Orang Terkaya Indonesia 2012

Filed under: by: 3Mudilah

Majalah Forbes edisi akhir tahun 2012 resmi melansir 40 orang terkaya se-Indonesia. Majalah yang khusus membahas orang-orang tajir se-jagad raya ini mengungkapkan kekayaan 40 orang terkaya ini mencapai US$ 88,6 miliar atau mengalami kenaikan hingga 4% dibandingkan tahun lalu.

Dikutip detikFinance, Kamis (29/11/2012) adalah Kuncoro Wibowo, satu-satunya pemilik lisensi Ace Hardware perusahaan AS yang menjual beberapa perkakas rumah tangga hingga furnitur ini kekayaannya meningkat berlipat.

Sementara itu, Lim Hariyanto Wijaya Sarwono termasuk ke dalam 4 pendatang baru yang masuk jajaran 40 orang terkaya Indonesia. Lim berjaya melalui perusahaan perkebunannya yang baru saja listing di bursa Singapura, Bumitama Agri.

Pendatang baru lainnya yang masuk jajaran orang tajir se-Indonesia yakni Alexander Tedja, pemilik salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Jawa Timur. Kemudian Sudhamek yang menahkodai Garudafood. Serta tak ketinggalan Eddy Kusnadi Sariaatmadja, salah satu distributor dari Komputer bermerek Compaq dan memiliki saham di 2 perusahaan media televisi.

Berbeda dengan tahun 2011 lalu di mana para pengusaha dan miliuner batubara mengalami masa kejayaannya, kini tidak terjadi di 2012. Pasalnya, harga batubara yang jatuh dan permintaan dari China yang menurun mengakibatkan beberapa taipan perusahaan tambang khususnya batubara mengalami kerugian.

Orang terkaya RI di sektor pertambangan tahun 2011, Low Tuck Kwong mengalami penurunan kekayaan terbesar hingga 46% menjadi US$ 2 miliar. Taipan batu bara lainnya yang mengalami kemerosotan adalah Sandiaga Uno bos Adaro Energy dan Bos Bumi Resources, Samin Tan.

Tahun ini, Forbes memberitakan calon presiden 2014, Aburizal Bakrie dan keluarganya 'terdepak' dari jajaran 40 orang terkaya se-Indonesia. Ical, sapaan akrab Aburizal ini mengalami perseteruan dengan Bumi Plc yang berada di London terutama sang bos yakni Nathaniel Rothschild.

Berikut daftar 40 orang terkaya se-Indonesia di 2012 ini:

  1. R. Budi & Michael Hartono
  2. Eka Tjipta Widjaja & family
  3. Susilo Wonowidjojo & family
  4. Anthoni Salim & family
  5. Chairul Tanjung
  6. Sri Prakash Lohia
  7. Sukanto Tanoto
  8. Peter Sondakh
  9. Boenjamin Setiawan & family
  10. Putera Sampoerna & family
  11. Mochtar Riady & family
  12. Low Tuck Kwong
  13. Tahir
  14. Ciliandra Fangiono & family
  15. Martua Sitorus
  16. Achmad Hamami & family
  17. Theodore Rachmat
  18. Kartini Muljadi & family
  19. Murdaya Poo
  20. Djoko Susanto
  21. Eddy Katuari & family
  22. Edwin Soeryadjaya
  23. Sjamsul Nursalim
  24. Ciputra & family
  25. Soegiarto Adikoesoemo
  26. Kiki Barki
  27. Kuncoro Wibowo & family
  28. Garibaldi Thohir
  29. Hary Tanoesoedibjo
  30. Lim Hariyanto Wijaya Sarwono
  31. Benny Subianto
  32. Harjo Sutanto
  33. Kusnan & Rusdi Kirana
  34. Aksa Mahmud
  35. Prajogo Pangestu
  36. Alexander Tedja
  37. Husain Djojonegoro & family
  38. Sudhamek
  39. Hashim Djojohadikusumo
  40. Eddy Kusnadi Sariaatmadja

Dua Bersaudara Grup Djarum Masih Konsisten Jadi Orang Terkaya RI

Dua bersaudara pemilik Grup Djarum, yaitu Budi Hartono dan Michael Hartono konsisten menjadi orang terkaya di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini. Keduanya selalu berada di urutan teratas di orang terkaya Indonesia versi Forbes.

Dilansir dari Forbes, Kamis (29/11/2012), saudara yang paling muda, Budi, sudah masuk jajaran orang terkaya Forbes sejak tahun 2005 lalu. Baru kemudian kakaknya menyusul tiga tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2008.

Jumlah kekayaan dua bersaudara yang nyaris tak pernah muncul di media ini berjumlah US$ 15 miliar atau sekitar Rp 142 triliun, naik dari tahun lalu US$ 14 miliar atau sekitar Rp 133 triliun.

Keduanya mendapatkan perusahaan Djarum yang merupakan warisan ayahnya untuk mulai memupuk kekayaan. Merek Djarum memang sangat terkenal di dalam negeri sebagai merek rokok kretek.

Djarum juga telah meluncurkan jenis dan mereka rokok baru bernama Dos Hermanos, sebuah cerutu premium gabungan antara tembakau Brazil dan Indonesia sehingga bisa masuk ke pasar AS.

Sementara di lini bisnis finansial, dua bersaudara ini juga memiliki salah satu bank terbesar di Indonesia, yaitu PT Bank Central Asia Tbk (BBCA).

Bisnis mereka semakin menggurita dan menjalar ke berbagai sektor. Pada 2008 juga mereka masuk ke bisnis minyak sawit mentah setelah memborong 65.000 hektar lahan di Kalimantan Barat.

Mereka pun tak ketinggalan di bisnis pusat pertokoan, perkantoran juga perhotelan, untuk itu mereka punya Grand Indonesia yang berlokasi tepat di pusat kota Jakarta. Perusahaan terakhir yang mereka beli adalah Kaskus, website paling populer di Indonesia.

Kedua bersaudara ini dikatakan Forbes, ternyata sebagai pemilik mal terbesar di Indonesia yaitu Grand Indonesia yang berlokasi di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta.

Ini Tips Menjadi Pengusaha Sukses dari Salah Satu Orang Terkaya RI


Pengusaha Chairul Tanjung menyebutkan satu kunci kesuksesan yang menjadi acuan bisnisnya. Kunci sukses tersebut adalah membeli masa depan dengan harga sekarang. Maksudnya, seorang pengusaha harus bisa membaca tren masa depan.

Demikian disampaikan Chairul dalam acara Global Enterpreneurship Week di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Senin (12/11/2012).

"Setelah lebih 20 tahun jadi pengusaha, saya bisa memberi tahu satu hal untuk sukses. Anda akan sukses kalau anda bisa beli masa depan dengan harga sekarang. Caranya harus mengetahui tren apa yang akan terjadi, kalau mengetahui tren dan membelinya sekarang maka akan sukses," ujar Bos CT Corp ini.

Chairul mengambil contoh, Tirto Utomo, pemilik merek air mineral Aqua.

"Tahun 70-an, air minum tidak diperjualbelikan. Tirto Utomo, percaya air akan diperjualbelikan, dia jual air lebih mahal dari bensin. Hari itu orang pikir dia orang gila. Sekarang, mau beli air mineral di warung saja bilangnya Aqua, walaupun yang dikasih merek lain," ceritanya.

Untuk itu, pengusaha yang masuk jajaran orang terkaya di Indonesia versi Forbes ini mengatakan dengan melihat perkembangan ekonomi di mana pendapatan per kapita masyarakat akan mencapai US$ 10 ribu, gaya hidup masyarakat akan berubah. Para wirausaha harus mampu memperkirakan perubahan gaya hidup ini untuk menentukan bisnis yang akan dijalani.

"Jadi nanti jangan jual beras, nanti orang makin kaya, konsumsi beras kurang, karena takut makin gemuk, makin cepet mati, takut dia, tapi jual daging karena konsumsinya nanti akan meningkat," tandasnya. 

http://finance.detik.com/read/2012/11/12/131050/2089214/4/ini-tips-menjadi-pengusaha-sukses-dari-salah-satu-orang-terkaya-ri? 
http://finance.detik.com/read/2012/11/29/103153/2104722/4/dua-bersaudara-grup-djarum-masih-konsisten-jadi-orang-terkaya-ri? 
http://finance.detik.com/read/2012/11/29/100101/2104672/4/terbaru-daftar-40-orang-terkaya-indonesia-2012?
 

0 comments: