Perdagangan Yang Tak Pernah Rugi

Filed under: by: 3Mudilah

Petunjuk Firman

Qs. Fathir (35) : 29 

"Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan menafkahkan sebahagian dari rezki yang Kami anuge- rahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perniagaan yang tidak akan merugi".

Dari ayat diatas Allah menawarkan  kepada hamba-hambanya tentang sebuah perniagaan yang tidak akan membuat hamba-hambanya dirugikan yaitu sebuah perniagaan dimana seorang hamba melakukan transaksi dengan Allah, yaitu antara lain:
  1. Hamba Allah yang selalu membacakan kitab-kitab Allah yaitu dengan cara mendakwahkan Islam [Qs. Yusuf (12) : 108], orang-orang ini berani mengorbankan harta bahkan jiwanya sekalipun.
  2. Hamba Allah yang selalu mendirikan sholat karena sholat itu pangkal dekatnya Allah dengan hambaNya [Qs. Al maidah (5) : 12],
  3. Hamba Allah yang ber-infaq, baik diwaktu lapang maupun diwaktu sempit, [Qs. Al Baqarah (2) : 261 dan 265 ].
Dari ketiga macam transaksi diatas Allah berjanji dengan hambanya akan menukar diri dan harta orang-orang mukmin dengan Jannah [Qs. At Taubah (9) : 111] :

"Sesungguhnya Allah telah membeli dari orang-orang mukmin diri dan harta mereka dengan memberikan surga untuk mereka. mereka berperang pada jalan Allah; lalu mereka membunuh atau terbunuh. (Itu telah menjadi) janji yang benar dari Allah di dalam Taurat, Injil dan Al Quran. dan siapakah yang lebih menepati janjinya (selain) daripada Allah? Maka bergembiralah dengan jual beli yang telah kamu lakukan itu, dan Itulah kemenangan yang besar".


Inilah yang disebut dengan “Perdagangan Yang tak Pernah Rugi”, walaupun secara lahiriyah harta yang kita miliki habis untuk diinfaqkan dijalan Allah,  atau kehilangan nyawa dalam mendakwahkan Islam, namun dalam pandangan Allah kita adalah orang yang mendapat kemenangan yang besar

www.al-ulama.net

0 comments: