Mencetak e-Book menjadi Buku

Filed under: by: 3Mudilah


Alhamdulillah dakwah Islam telah tersebar, di masjid-masjid, di kantor, pasar, pertokoan, dan bahkan tulisan-tulisan para ulama, para asatidz, da’i-da’i penebar dakwah Islam inipun mudah didapatkan, salah satunya yang berbentuk e-book.

Sementara tidak mudah bagi kita tiap kali ingin membaca suatu tulisan harus menghidupkan komputer terlebih dahulu, dan bahkan beberapa diantara kita lebih suka membaca buku ketimbang membaca dari e-book, walaupun e-book sendiri mempunyai kelebihan dari buku, salah satunya yaitu metode pencariannya hanya cukup menekan tombol Ctrl+F atau F3, dan mengetikkan apa yang ingin kita cari, maka muncullah kata atau kalimat yang kita inginkan.

Dalam tulisan kali ini ana tidak ingin mengupas tentang apa itu e-book, kelebihan e-book dan sebagainya, namun disini ana akan berbagi kepada mengenai cara mudah membuat buku dari e-book, yang pastinya mudah dibawa kemana-mana dan lebih nyaman untuk dibaca tanpa harus menghidupkan komputer terlebih dahulu.

Langsung saja, berikut langkah-langkahnya:
  1. Buka e-book (dalam hal ini yang berekstensi pdf (*.pdf), jika memiliki e-book dalam bentuk file doc/docx (*.doc/*.docx), maka dengan menggunakan MS-Office 2007 bisa di save as/convert ke bentuk PDF) dengan Adobe Reader.
  2. Pilih menu File >> print (lihat gambar 1).
  3.  
    gambar 1: Print
  4. Pilih Page Scaling menjadi Booklet Printing (lihat gambar 2).
  5.  
    gambar 2: Booklet Printing
  6. Pilih Booklet subset menjadi Front Side Only untuk mencetak bagian depan, kemudian jika halaman depan sudah selesai tercetak, maka masukkan kembali kertas tadi dengan cara dibalik, agar cetakan bagian belakangnya tercetak di bagian kertas yang masih kosong, jika siap maka ulangi dari point 2, kemudian pada point 4 pilih Booklet subset menjadi Back Side Only (lihat gambar 3).
  7.  
    gambar 3: Booklet Subset
  8. Keuntungan mencetak model ini adalah hasil cetakan lebih rapi karena berbentuk layaknya sebuah buku yang diklem (menyatukan lebaran kertas menjadi buku dengan staples) bagian tengahnya, dan juga kertas yang digunakan menjadi lebih sedikit (lihat gambar 4).
  9.  
    gambar 4: Jumlah Kertas


0 comments: