Raja Maroko Tolak Bertemu dengan Presiden Israel

Filed under: by: 3Mudilah

 

Presiden Israel Shimon Peres membatalkan rencana kunjungannya ke Maroko setelah Raja Maroko Raja Mohammed VI menolak bertemu dengan Peres.

Raja Maroko dalam suratnya pada Peres menyatakan, pada dasarnya ia menyambut keinginan Peres untuk bertemu, tapi pertemuan itu tidak mungkin dilakukan pada saat ini tanpa menjelaskan lebih jauh alasannya menolak pertemuan . Namun biro kepresidenan Israel menduga penolakan itu sebagai bentuk protes Maroko atas tindakan-tindakan Israel terutama di Palestina.

Rencana kunjungan Peres ke Maroko untuk memenuhi undangan World Economic Forum yang akan digelar di Maroko pekan depan. Peres dijadwalkan akan memberikan ceramah utama dalam forum tersebut dan ingin memanfaatkan kehadirannya di Maroko untuk bertemu dengan Raja Mohammed VI.

Berdasarakna aturan biro kepresidenan Israel, Peres berhak membatalkan kunjungan ke sebuah negara jika kepala negara yang bersangkutan menolak menemuinya, dan karena Raja Maroko menolak pertemuan itu, Peres memutuskan membatalkan kedatangannya ke Maroko. (ln/hrz) 

0 comments: