Perjuangan Muslim Patani

Filed under: by: 3Mudilah


Membicarakan penindasan yang dialami oleh kaum Muslimin, kita selalu mengingat negeri-negeri yang jauh. Seperti bangsa Palestina, atau Afghanistan, bisa jadi Irak, Chechnya, Pakistan, Darfur atau Sudan. Tapi rupanya, saudara sendiri yang tak jauh, bahkan hampir di pelupuk mata dekatnya, nyaris terlupakan.

Muslim Patani, lebih dari 200 tahun mengalami penindasan. Tanah mereka direbut oleh penjajah Siam, dan kini mereka hidup penuh konflik di wilayah selatan Thailand. Tak boleh menggunakan nama Islam, bahasa Melayu pun dilarang. Mereka dicabut dari akar budayanya dan dijauhkan dari agamanya. Mengalami pembunuhan, diancam dengan penculikan, dibatasi semua hak manusianya. Tapi tak banyak yang berbuat dan membantu mereka.

Buku ini bisa jadi buku pertama yang terbit di Indonesia, mengupas perjuangan Muslim Patani mewujudkan perdamaian dan kehidupan yang berdaulat atas nasibnya sendiri. Meski kecil, buku ini cukup berhasil menggambarkan betapa pedih penderitaan yang yang dialami kaum Muslimin di Patani.
Perjuangan Muslim Patani

Antara sejarah penindasan dan cita-cita perdamaian di Patani Darussalam

Karya: Herry Nurdi

Tebal: 186

Penerbit: Sabili Publishing
Untuk mendapatkan buku kontak: 021 851 5513
http://sabili.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=1477:perjuangan-muslim-patani&catid=68:resensi&Itemid=194

0 comments: